Minggu, 26 Mei 2019

Mengelola moodle sebagai virtual class model mingguan

Moodle adalah sebuat platform elearning yang cukup handal dan lengkap, pengalaman kami menggunakan moodle sejak 2007 membuktikan berbagai model LMS moodle memang handal dan tangguh.
Awal tahun 2007 kami menggunakan moodle dengan instalasi di os berbasis GUI, saat digunakan untuk satu kelas berjalan lancar namun saat dipakai bersama untuk 10 kelas mengalami botleneck yang cukum memusingkan, sebab waktu itu kita gunakan untuk evaluasi akhir semester, dan saya kena komplain....hal ini terjadi karena managemen jaringan yang gak lincah juga, sih heheh...

Serkembanganya waktu dan nanya2 temen dan mesin pencari, maka saran temen menggunakan os berbasis text. wal hasil alhamdulillah dapat berjalan lancar, dipakai sekitar 200 user bersamaan, enteng.

Saat ini bersama tim pengembang elearning sekolah kami menggunakan moodle dengan os berbasis text untuk digunakan penialain akhir semester dengan user sekitar 900 user bersamaan dengan model CBT dan android base, alhamdulillah lancar dan tidak ada kendala yang berarti.

sebenarnya penggunaan moddle juga bisa powerfull untuk administring kelas maya juga, mau model topik maupun mingguan, misalnya model mingguan seperti dipakai oleh ITS : Moodle ITS dan ini untuk mengadministrasikaan perangkat dan proses pembelajaran cukup baik, apalagi untuk orang yang suka pelupa seperti saya... jadi aman dech. dokumen pembelajaran dapat tersimpan rapi selama server masih hidup dan berjalan.

#Ayo_pakai_Moodle....


Tidak ada komentar:

Posting Komentar