Minggu, 12 April 2020

SKEE (KD 3.16) Menjalankan Motor 1 Phasa dan 3 Phasa

3.16 Menentukan sistem kontrol Running berbasis kontaktor
4.16 Memeriksa sistem kontrol Running berbasis kontaktor

Pada pertemuan kali ini kita akan membahas tentang bagaimana cara menjalankan motor listrik AC 1 phasa dan 3 Phasa...

Dalam sebuah motor Induksi 1 phasa, ada dua jenis lilitan/kumparan, yaitu kumparan Utama dan Kumparan Bantu, Kumparan Bantu adalah untuk membantu mulai berputarnya motor. ada berbagai jenis motor 1 fasa dalam proses memulainya outaran dan motor yaitu :


1. Split Phase Motor
2. Permanen Split Capacitor
3. Capacitor Start Motor
4. Start Capacitor Run Motor



1. Split Phase Motor

Model ini paling banyak digunakan dalam industri, motor ini terdiri dari dua kumparan, yaitu kumparan utama dan kumparan bantu. kumparan bantu dibuat dari kawat yang lebih kecil dari kumparan Utama. sehingga resistanya lebih ringgi, sudut fasanya digeser sebesar 30 derajat sehingga medan magnet yang ditimbulkanya mampu menarik rotor untuk bergerak/berputar. Setelah berputar dengan stabil, maka rotary switch akan bergerak memutuskan sambungan ke kumparan bantu.

Gambar : Motor Split Phase Motor



2. Permanen Split Capacitor

Dalam metode ini, kapasitor harus diputus setelah motor mencapai kecepatan tertentu, kapasitor disusun seri dengan kumparan bantu. dalam hal ini tidak diperlukan saklar sentrifugal sebab capasitor tidak hanya untuk menjalankan namun juga berfungsi menreduksi torsi awal dari motor tersebut. sehingga memiliki arus awal yang lebih rencah.


Gambar : Permanen Split Capasitor



3. Capacitor Start Motor


Kumparan motor start kapasitor ini hampir mirip dengan motor split (Fasa belah). Kutup stator nya dipisahkan sebesar 90 derajat. untuk menghubungkan dan memutuskan dengan kumparan bantu melalui rotary switch yang diseri dengan capasitor.

dengan kapaitor ini maka tegangan sama dengan arus sehingga induksi yang terbentuk akan mampu menarik rotor dan kumparan bantu akan terputus setelah kecepatan motor mencapai 75% sebelum mencapai kecepatan penuh.

Gambar : Capasitor Start Motor


4. Start Capasitor Run

model ini tersusun sesuai gambar dimana Run capasitor dipasang seri dengan saklar normaly close pada saat motor mulai bekarja melalui kumparan bantu, dan kapasitor start akan membantu memulai bekerjanya motor dengan memberikan kekuatan lebih agar rotor berputar, secara konstruksi memang lebih mahal namun model ini memberikan kekuatan start lebih tinggi dengan torsi yang besar. kalo anda membutuhkan start dengan torsi besar model ini pas untuk dipilih.


Gambar : Start Capasitor Run



Magnetic Kontaktor

disini ada aplikasi untuk kontrol motor 3 phasa , silahkan download disini :



Tidak ada komentar:

Posting Komentar